Cara Meningkatkan Kecepatan Sprint Pemain Bola

Cara Meningkatkan Kecepatan Sprint Pemain Bola
Credit : Istimewa
profil foto
  • ocim -
  • 15 Dec 2020 16:24:00 -
  • 886 views

SPRINT dalam sepak bola sangatlah vital. Terutama buat pemain depan, sayap, dan belakang.

Buat pemain depan sprint berguna untuk memburu bola. Buat bek sayap untuk menyisir tepi lapangan. Kalau pemain belakang berguna untuk mengejar penyerang lawan.

Tidak heran bila pelatih sangat mendambakan pemain dengan sprint maksimal. Pelatih punya kecenderungan ingin punya banyak stok pemain dengan sprint tinggi.

Namun sprint kencang tidak didapat begitu saja. Butuh latihan berulang-ulang dan posisi badan yang pas, untuk mendapatkan kecepatan lari yang maksimal.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan untuk melatih kecepatan sprint?

Dilansir dari tutorialolahraga.com sprint bisa dilatih lewat banyak hal. Misalnya sering sprint dengan jarak 40-60 meter.

Kemudian berlari dengan mengubah-ubah kecepatan secara mendadak. Cepat, lambat, cepat, lambat. Begitu seterusnya sampai beberapa menit.

Sering-sering juga sprint lima kali dengan jarak 10 meter, tiga kali dengan jarak 20 meter, dan dua kali dengan jarak 25 meter.

Tips lainnya adalah berlari secarak konsisten naik dan turun bukit, atau juga bisa naik dan turun tangga.

Memperbaiki teknik sprint pun jangan dilupakan. Contohnya sprint dengan telapak kaki bagian depan, memperbanyak langkah pendek-pendek, condongkan tubuh sedikit ke depan, lengan membentuk huruf L dengan tangan terkepal dan ditarik sampai ke dagu bali ke siku.

Mendorong badan agar sinkron dengan kecepatan lari juga dibutuhkan. Penting pula untuk menyamakan tarikan napas dengan kecepatan lari.

Semua aspek itu bila dilatih terus-menerus bakal bisa meningkatkan kecepatan sprint lebih maksimal.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar