Berangkat, Tim Pelajar Indonesia U-16 Bawa Misi Pertahankan Gelar Juara Gothia Cup di Cina

Berangkat, Tim Pelajar Indonesia U-16 Bawa Misi Pertahankan Gelar Juara Gothia Cup di Cina
Credit : Foto - Istimewa
profil foto
  • ocim -
  • 08 Aug 2019 19:02:00 -
  • 1709 views

JAKARTA - Tim Pelajar Indonesia U-16 akan bermain di Gothia Cup 2019 China. Dalam kejuaraan internasional tahunan itu Tim Pelajar mengikuti kategori Boys 16.

Kategori itu diikuti 6 tim. Selain Tim Pelajar Indonesia U-16 yang mendapat dukungan dari Aqua, peserta lainnya adalah Easterns High School dari Afrika Selatan, PTelite (Cina), ZGZX FC (Cina), Chengyang District High School FC (Cina), dan Power Soccer FA (Myanmar).

Tim Pelajar U-16 merupakan juara bertahan dari Gothia Cup China untuk kategori Boys 16. Tahun lalu Tim Pelajar sukses meraih gelar juara dengan mengalahkan SKO Qingdao dengan skor 5-0.

Untuk tahun ini persaingan di Boys 16 tampaknya bakal lebih sengit. Pasalnya dengan situasi hanya satu grup, maka tiap tim saling bertemu.

Nantinya partai final mempertemukan peringkat pertama melawan peringkat kedua. Sedangkan peringkat ketiga diperebutkan tim yang finis sebagai peringkat ketiga dan keempat di fase grup.

"Dari lawan-lawan yang akan kami hadapi, saya memprediksi paling ketat saat melawan tim dari Afrika Selatan. Tapi kami mewaspadai semua tim peserta di Boys 16," kata Maman Suryaman, pelatih Tim Pelajar U-16.

Tim Pelajar Indonesia U-16 ini merupakan hasil pemantauan pemandu bakat dalam Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2018. Kompetisi usia muda merupakan liga yang diselenggarakan Kemenpora RI.

Bertindak sebagai manajer Tim Pelajar U-16 adalah Fary Francis. Ketua Komisi V DPR RI. Sedangkan asisten manajer dijabat oleh Mohammad Kusnaeni atau Bung Kus.

Selain mendapat sokongan dari Kemenpora RI, Tim Pelajar U-16 juga didukung Aqua. Partisipasi pihak swasta sangat membantu dalam pengembangan pemain usia muda, untuk mendapatkan pengalaman bertanding internasional.

Sebelum berangkat ke Qingdao, Tim Pelajar U-16 sudah menggelar pemusatan latihan di Stadion Cenderawasih, Jakarta, sejak Minggu (4/8/2019). Dua uji coba juga sudah diselenggarakan, masing-masing melawan Mutiara FC dan Persija U-16.

Menghadapi Mutiara FC menang 4-0. Lalu melawan Persija U-16 unggul 3-1.*

Tim Pelajar Indonesia U-16
Kiper
M. Rafli D. (Banten), Mahardika S. Sanaji (Jatim); Belakang: Ilham Akbar Prasetyo (Jatim), Akbar Bagus Prasetyo (Sumut), Adzan Mentari, M. Syawal A (Sulsel), Cristian Yogi F (NTT), Aji Fajri, Surya Dharma (DKI), Jodi C. Geraldi (Jabar)

Tengah
Daffa Ayatulah I (NTT), M. Alif Saviola (Riau), Erza Bathara Siahaan (DKI), Dozan M. Raina Cikal (Jabar)

Depan
Nadhif G. Kosasih (DKI), Iryanto Wandik (Papua Barat), Rizky Armando (Sumsel)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar