Bedah Formasi Sepak Bola (1): 4-4-2 Simbol Keseimbangan Permainan

Bedah Formasi Sepak Bola (1): 4-4-2 Simbol Keseimbangan Permainan
Credit : Istimewa
profil foto
  • ocim -
  • 16 Sep 2020 20:36:00 -
  • 552 views

KOMPETISI sepak bola di banyak negara sudah mulai digulirkan kembali. Termasuk Indonesia yang mulai Oktober nanti melanjutkan Liga 1 2020 yang ditangguhkan sejak Maret lalu.

Bicara sepak bola, mari kita berkenalan dengan beragam formasi yang sering dipakai. Karena kita tahu sepak bola adalah permainan taktik dan strategi.

Jadi butuh formasi yang pas, disesuaikan dengan materi pemain. Di situlah dibutuhkan kejelian pelatih dalam mengatur formasi.

Pada bagian pertama ini kita bedah formasi 4-4-2. Formasi yang mungkin paling populer di jagat sepak bola.

Formasi 4-4-2 ini dilihat dari posisi per pemain menekankan keseimbangan permainan. Karena di sana berdiri empat pemain belakang, empat pemain tengah, dan dua penyerang.

Pelatih yang memakai formasi ini biasanya banyak mengandalkan serangan melalui sayap dan terobosan dari lapangan tengah.

Kehadiran playmaker dalam formasi ini sangat dibutuhkan. Karena playmaker menjadi otak kreasi serangan. Mau ke mana bola menyerang mau diarahkan? Lewat sayap atau menerobos dari tengah?

Pemakaian formasi 4-4-2 juga sering memberi tugas tambahan buat bek kanan dan kiri. Mereka sering diminta untuk overlap, naik membantu serangan. Saling tutup dengan pemain di posisi sayap kanan dan kiri, yang kadang bermain agak ke dalam.

Untuk pemain tengah, pemain nomor 6 akan berdiri di depan garis pertahanan, sekaligus memback-up pemain nomor 8 sebagai playmaker atau penata serangan.

Kemudian dua striker biasanya kombinasi antara goal getter dan pembuka ruang. Kolaborasi mereka menjadi andalan untuk merobek gawang lawan.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar