Beda Porsi dalam Latihan Pemain Veteran, Ketika Kemampuan Fisik Tidak Lagi Dipacu

Beda Porsi dalam Latihan Pemain Veteran, Ketika Kemampuan Fisik Tidak Lagi Dipacu
Credit : Foto - Kazuyoshi Miura
profil foto
  • ocim -
  • 17 Feb 2020 17:39:00 -
  • 719 views

USIA emas pemain sepak bola biasanya terdapat dalam rentang 28-30 tahun. Setelah itu performa pemain biasanya menurun. Hingga sampai usia pensiun sekitar 34-36 tahun.

Tapi sekarang tidak sedikit pemain di atas usia 35 tahun masih ganas di lapangan. Mungkin Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi juga akan seperti itu.

Mereka sekarang sudah melewati jauh usia emas. Tapi performa di atas lapangan masih tokcer.

Jangan lupakan pula pemain veteran Jepang, Kazuyoshi Miura. Di usia 52 tahun sekarang ini, ia masih bermain di klub profesional. Di J.League 2, bersama Yokohama FC.

Rahasia mereka tetap prima di usia veteran memang tidak lain adalah asupan makanan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan berkualitas, kondisi tubuh mereka akan selalu terjaga. Selain juga disiplin dalam segala hal, terutama soal istirahat.

Tapi sebagaimana wajarnya pemain dalam tim, mereka tentu harus ikut latihan. Lantas apakah beban latihan mereka bisa disamakan dengan pemain muda?

Berdasarkan literatur dari berbagai sumber, pelatih fisik dalam suatu tim akan selalu membedakan beban latihan berdasarkan usia pemain. Jadi pemain dengan usia 20-30 tahun, akan berbeda pendekatakannya dengan pemain usia 30 tahun ke atas.

Hal ini untuk mengurangi risiko cedera. Karena bagaimanapun pemain veteran lebih rentan cedera. Sehingga perlu ada proteksi dalam latihan.

Pemain veteran biasanya lebih banyak berlatih dengan bola dan penempatan posisi. Intinya pemain veteran tidak banyak lagi memacu fisiknya dengan latihan berat.

Terakhir adalah kebijakan pelatih kepala. Pemain veteran kadang baru diturunkan di momen-momen krusial, yang lebih membutuhkan banyak pengalaman dibandingkan tuntutan fisik.

Tidak heran bila pemain veteran sering diturunkan di babak kedua. Atau, setengah dari babak kedua. Istilahnya mereka adalah joker atau kartu as untuk menentukan nasib tim di pertandingan.*

 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar