Barcelona Mulai Atur Strategi Cuci Gudang

Credit : Arda Turan membahas kontrak peminjaman dengan Presiden Basaksehir/Foto: MARCA
profil foto

BARCELONA – Kedatangan Philippe Coutinho tak syak lagi menjadi alarm bahaya bagi sejumlah pemain Barcelona. Hampir bisa dipastikan “Blaugrana” akan melepas sejumlah pemainnya untuk memberi ruang bagi Coutinho dan mungkin satu lagi pemain baru yang akan datang, Yerry Mina.

Arda Turan kemungkinan besar akan menjadi korban pertama. Pemain tim nasional Turki itu saat ini sedang membahas kesepakatan peminjaman enam bulan ke klub Liga Turki, Basaksehir. Presiden Basaksehir, Goksel Gumusdag, sudah terbang langsung ke Barcelona untuk membahas peminjaman ini.

Ada beberapa pemain lain yang nampaknya juga akan menemui akhir karier mereka di Camp Nou. Inilah sebagian di antaranya:

JAVIER MASCHERANO

Pemain Argentina ini akan meninggalkan klub sebelum jendela transfer musim dingin berakhir. Pada akhir musim lalu, hal seperti ini mungkin tak terpikirkan. Mascherano adalah salah satu pemain kunci andalan Luis Enrique yang bisa main di berbagai posisi.

Tetapi situasi pemain bertahan tersebut di klub telah berubah karena suatu alasan. Pelatih baru Ernesto Valverde dating dengan skema baru dan tak ada tempat untuk Mascherano di dalamnya.

Mau-tidak mau, Mascherano harus pergi karena ia berharap bisa mendapatkan kesempatan bermain di Piala Dunia nanti. Kepindahan ke Liga Cina akan memperbesar peluangnya.

ALEIX VIDAL

Meskipun Valverde merasa puas dengan penampilan dirinya, bahkan lebih puas dibandingkan Luis Enrique, mantan pemain bertahan Sevilla tersebut nampaknya tetap tidak bahagia. Maklum, jatah bermainnya terhitung minim. Ia pun berkeinginan untuk hengkang dari klub.

Vidal berpeluang besar untuk pindah kembali ke Sevilla. Itu kota yang nyaman untuknya dan pendukung Sevilla sangat menyukainya. Semua hanya tinggal menunggu kesepakatan kedua klub soal besaran biaya transfer dirinya.

GERARD DEULOFEU

Lulusan akademi La Masia ini sedang berada dalam posisi yang sulit. Ia menjadi pemain yang menggantikan Ousmane Dembele saat Dembele cidera, tetapi ia tidak pernah mendapatkan tempat reguler untuk dirinya.

Kembalinya Dembele dan kedatangan Coutinho membuat kesempatan bermain semakin sulit untuk mantan pemain sayap Everton tersebut. Deulofeu sendiri bertekad untuk tetap memperjuangkan tempatnya di Barca meskipun ia mendapatkan banyak tawaran bermain dari beberapa tim di Italia.

RAFINHA

Gelandang Brasil tersebut ingin mendapatkan kejelasan mengenai posisinya di tim senior setelah ia kembali dari cedera jangka panjangnya.Sebelum membuat keputusan mengenai masa depannya di klub, dia ingin mengetahui rencana Valverde mengenai posisi dirinya.

Dia hampir bergabung bersama Arsenal musim panas lalu meskipun alasan medis mencegah kepindahannya. Karena ada banyak sekali pemain berposisi gelandang di “Los Cules”, akan sulit baginya mendapatkan jatah bermain. Saat ini belum ada tawaran yang datang untuknya.

ANDRE GOMES

Setelah datang ke Barcelona sebagai pemain bintang, pantas dikatakan bahwa gelandang Portugal tersebut gagal memenuhi ekspektasi yang disematkan pada dirinya. Baik Enrique ataupun Valverde sudah memberi kesempatan, tetapi Gomes belum bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bisa mendapatkan jaminan waktu bermain reguler.

Musim panas ini, agennya telah mengajukan beberapa tawaran kepada klub. Tetapi klub nampaknya belum tertarik untuk menjualnya. Kedatangan Coutinho berpotensi mengubah keadaan tersebut. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar