Barang-barang ini Dilarang Dipakai saat Bermain, Kalau Topi Ternyata Boleh Lho

Barang-barang ini Dilarang Dipakai saat Bermain, Kalau Topi Ternyata Boleh Lho
Credit : Foto - Istimewa
profil foto
  • ocim -
  • 12 Feb 2020 09:10:00 -
  • 633 views

MARI kita sedikit mengenal peraturan pertandingan di sepak bola. Terutama kelengkapan pemain di lapangna. Termasuk barang apa saja yang tidak boleh dipakai pemain di lapangan.

Seperti diatura dalam Law of The Games FIFA yang disusun IFAB, di Pasal 4 yang mengatur soal peralatan pemain, pada ayat 1 dibahas keamanan. Di sana para pemain tidak boleh memakai peralatan apapun yang membahayakan diri sendiri maupun lawan.

Misalnya kalung, cincin, gelang, anting, gelang kulit, karet gelang, dan lain-lain yang sejenis. Itu semua dilarang dan harus dilepas. Memakai selotip untuk menutupi semua item itu, juga tidak diperbolehkan. Jadi haram 100 persen.

Ofisial keempat harus memeriksa aspek keamanan pemain ini sebelum bermain. Kalau ada pemain yang ngeyel tidak mau melepas, wasit berhak memberi peringatan. Bisa kartu kuning, atau malah kartu merah kalau bertindak ofensif.

Kalau ada yang dilarang atau diharamkan, tentu ada yang diperbolehkan. Apa itu?

Di ayat keempat soal peralatan keselamatan, pemain boleh memakai penutup kepala yang empuk. Pernah lihat mantan kiper Chelsea dan Arsenal, Petr Cech? Ya kurang lebih seperti itu. Kemudian pelindung lutut atau lengan ikut boleh dipakai, tapi bahannya harus empuk serta ringan.

Kiper juga diperbolehkan memakai topi lho. Tapi pemain tidak boleh, hanya kiper. Hal ini untuk mengurangi tingkat silau terhadap matahari, kalau pertandingan dimainkan pada pagi, siang, atau sore hari. Kalau malam ya ngapain pakai topi.

Kacamata olahraga diperbolehkan untuk dipakai. Namun sudah tentu kacamata khusus untuk olahraga, yang terbuat dari bahan yang empuk dan bisa diikatkan di kepala.

Itulah barang-barang yang boleh ada dan tidak ada di lapangan sepak bola. Sekarang jadi lebih tahu kan?*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar