Banyak PR untuk Usain Bolt Sebelum Terjun ke Sepak Bola

Banyak PR untuk Usain Bolt Sebelum Terjun ke Sepak Bola
Credit : Usain Bolt bermain bola/Foto: Pulse
profil foto

CAPE TOWN – Usain Bolt boleh jadi hebat dalam lari sprint, bahkan tercatat sebagai pemegang rekor dunia lari 100 meter. Namun, ia masih butuh “beberapa hal untuk dilakukan” sebelum bisa mewujudkan mimpinya menjadi pesepakbola profesional.

Kesimpulan itu disampaikan pemain Mamelodi Sundowns, Jeremy Brockie. Ia diminta tanggapannya mengenai keinginan Bolt untuk menjadi pemain sepak bola profesional setelah pensiun dari dunia atletik.

“Mudah sekali untuk mengatakan bahwa Anda ingin menjadi seorang pemain sepak bola profesional,” ucap Brockie saat wawancara dengan Olympic Channel. “Ini benar benar merupakan sebuah cerita yang berbeda. Saya pikir ia sudah berusia 31 tahun, lalu ia baru mencoba untuk memulainya.”

“Ia memang sangat cepat. Jadi ia tidak memiliki masalah dalam aspek tersebut di lapangan,” Brockie memaparkan. “Ia juga memiliki keahlian mengolah bola yang cukup baik. Ditambah lagi, Usain juga memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi.”

“Usain selalu menilai dirinya sebagai seorang penyeran,” Brockie mengungkapkan.  “Tetapi, jika saya harus jujur, berdasarkan waktu yang kami habiskan saat berlatih bersamanya, ia masih butuh untuk melakukan beberapa hal.”

Setelah pensiun dari atletik pasca kemenangannya di kejuaraan dunia tahun 2017, Bolt mengatakan bahwa ia “benar-benar serius” untuk memulai kariernya di dunia sepak bola. Ia pun memutuskan untuk bergabung dalam sesi latihan tim Mamelodi Sundowns, klub Liga Afrika Selatan, pada akhir Januari lalu.

Peraih delapan medali emas Olimpiade berusia 31 tahun tersebut juga akan mendapatkan kesempatan tes di tim Bundesliga, Borussia Dortmund, pada Maret mendatang. Saat David Beckham mengumumkan bahwa ia akan membentuk klub sepak bola di Miami, Bolt pun langsung mengatakan kepada mantan kapten tim nasional Inggris tersebut, “Jika Anda membutuhkan seorang penyerang, maka sayalah orangnya.”

Tetapi, menurut Brockie, meskipun kecepatan bukanlah hal sulit untuk Bolt, tetapi ia tidak terlalu terkesan dengan apa yang ia lihat dari Bolt selama berlatih dengan timnya. “Ia bilang bahwa ia harus kembali ke Jamaika untuk mendapatkan kebugarannya. Dia akan mendapatkan masa percobaan dengan Dortmund. Dari situ, kita akan lihat ke mana ia akan berlanjut,” kata Brockie lagi sambil tersenyum. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar