Alex Kamuru: Putra Papua, Berhati Jawa

Alex Kamuru: Putra Papua, Berhati Jawa
Credit : PSSI
profil foto
  • ocim -
  • 01 Jul 2020 07:42:00 -
  • 724 views

NAMA lengkapnya Alexandro Felix Kamuru. Usianya baru 15 tahun. Populer dipanggil dengan nama Alex Kamuru.


Namun di kostum yang biasa dipakai, baik di Timnas U-16 maupun PS Barito Putera U-16, lebih sering memakai nama: Alexandro.

Perlahan tapi pasti bek sayap kiri ini terus menyita perhatian pencinta sepak bola Tanah Air. Aksinya menyisir tepi lapangan sangat indah. Ia mampu memadukan antara kecepatan lari dan menggiring bola.

Alex Kamuru merupakan salah satu pemain muda harapan bangsa yang merupakan jebolan kompetisi Liga TopSkor. Ia dulu muncul dari Liga TopSkor zona Yogyakarta.

Memperkuat SSB Gama, Alex Kamuru berhasil memikat tim pelatih Timnas U-16 yang mengadakan seleksi. Pemain asal Sorong ini tidak ragu untuk menyebut Liga TopSkor sebagai jalan pembuka bisa mengenakan jersey "Merah-Putih".

Menurut Alex Kamuru bermain di Liga TopSkor mampu mengasah kemampuannya sebagai pemain usia muda. Tidak hanya teknik, tetapi juga perilaku di lapangan.

"Pertamanya ikut SSB Gama setelah itu ada Liga TopSkor. Jadi ya setiap minggu bertanding di Liga TopSkor" kata Alex Kamuru di channel YouTube, H2H Liga TopSkor, yang dipandu Bung Yuke.

Selama berkiprah di Liga TopSkor, Alex Kamuru ingat pernah dikartu merah wasit. Gara-gara berantem di lapangan. Ulah yang menurut Alex Kamuru sangat tidak baik.

"Kalau dulu main di SSB masih emosian. Kalau kalah ya tendang-tendang lawan, jadi masih Papua sekali. Tapi setelah main di Barito Putera U-16 mulai terkontrol," kata pemain yang mengenakan nomor punggung 14 di Timnas U-16 itu.

Alex Kamuru adalah pemain yang sejak SD tinggal di Yogyakarta. Ia ikut pamannya setelah orangtua meninggal dunia. Jadi Alex Kamuru ini yatim-piatu.

"Sejak kelas 3 SD sudah sekolah di Jogja. Di sana banyak bergaul dengan orang Jawa," kata Alex Kamuru yang menguasai sedikit Bahasa Jawa itu.

"Tapi saya susah kalau Bahasa Jawa halus. Bisanya misal: jenengku Alex, dalemku nang Sorong, saiki main neng Barito Putera U-16 (nama saya Alex, asal dari Sorong, sekarang main di Barito Putera U-16)."

"Sayangnya Bahasa Jawa saya mulai kaku, karena lama tidak ke Jogja."

Cerita Menarik
Dalam obrolan H2H yang seru itu terungkap Alex Kamuru ternyata penakut. Ia misalnya takut pergi sendirian ke kamar kecil. Saat tinggal di asrama atau mes pemain untuk TC Timnas U-16, pasti membangunkan rekan sekamarnya untuk minta diantar.

"Ha..ha..ha..iya katanya ada yang begitu-begitu. Saya takut," ucap Alex Kamuru sambil tertawa terbahak-bahak.

Cerita menarik lainnya yang diungkapkan Alex Kamuru adalah saat SD senang main bola di dalam kelas. Dalam salah satu momen bola yang ditendang mengenai foto Presiden RI Jokowi. Tentu saja pecah berantakan.

Pihak sekolah langsung minta Alex Kamuru bertanggung jawab. "Tapi akhirnya saya minta ke sekolah untuk mengganti foto yang rusak dengan pot bunga saja," ucap Alex Kamuru.

Sebentar lagi Alex Kamuru akan kembali menjalani pemusatan latihan Timnas U-16 di Bekasi, 6-29 Juli 2020 mendatang. Ia berharap bisa kembali masuk Timnas U-16 untuk berjuang di Piala Asia U-16 2020 di Bahrain.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar