6 Alasan Perlu Makan Pisang Saat Jeda Pertandingan

Oleh Bayu Mahendra - 09 Feb 2018 08:15:05
Credit : Menu jeda pertandingan tim sepak bola - Foto/Istimewa

BAGI atlet, termasuk pemain sepak bola, waktu istirahat dalam suatu pertandingan atau perlombaan, menjadi momen untuk mengembalikan atau mengatur tenaga. Tapi durasi istirahat yang pendek, menuntut atlet bisa mengatur waktu yang baik agar masa istirahat tetap optimal.

Nah, salah satu yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi pisang. Buah ini sangat dianjurkan buat atlet atau pemain sepak bola untuk dimakan saat jeda pertandingan.

Bukan tanpa alasan pisang menjadi pilihan buah yang lebih pas dibandingkan jeruk, misalnya. Berikut setidaknya ada 6 alasan kenapa pemain lebih baik memakan pisang saat jeda pertandingan:

1. Pisang mengandung karbohidrat yang tinggi. Lebih spesial lagi karbohidrat pisang paling cepat diserap tubuh dibandingkan makanan atau buah lainnya. Jadi pisang ini cocok untuk mengembalikan tenaga dalam waktu yang singkat.

2. Pergerakan otot pemain di sepak bola sangat dinamis. Otot sangat diandalkan untuk bermain sepak bola. Nah, pisang ternyata memiliki kandungan potasium yang sangat dibutuhkan untuk menunjang pergerakan dinamis otot dan saraf.

3. Perlu diketahui pisang dengan ukurang sedang mengandung 3mg zat mangan yang berguna untuk metabolisme tubuh. Jadi tidak salah bila pemain sepak bola selalu dihidangkan pisang saat jeda pertandingan.

4. Pisang terdeteksi memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Glukosa ini punya peran untuk menjaga ketahanan fisik secara keseluruhan. Kombinasi antara minuman manis dan pisang, dipercaya bisa mempertahankan stamina untuk bermain selama 90 menit.

5. Jangan dilupakan pula bahwa pisang mengandung Kalium. Zat ini berguna untuk menjaga ketahanan kontraksi otot dalam tubuh. Memakan 1-2 pisang berukuran sedang saat jeda pertandingan, tentu bisa menunjang performa yang bagus.

6. Terakhir adalah pisang mempunya kandungan vitamin C yang tinggi. Sudah menjadi pengetahuan umum bila vitamin C sangat efektif dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan menyerap nutrisi.*



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Bagikan



© eyesoccer.id 2016 | Tentang Kami