Patenaude Pencetak Trigol Pertama di Piala Dunia

Oleh Charlie Charles C. - 25 Sep 2017 15:00:48
Credit :

SERIAL NOMOR 3 – Nama  Bert Patenaude mungkin tak begitu familiar dalam sejarah Piala Dunia. Namun, setidaknya, ia akan selalu dikenang sebagai pemain pertama yang membuat hat-trick alias trigol dalam satu pertandingan di ajang terbesar sejagat itu.

Patenaude lahir di kota Fall River-Massachusetts, Amerika Serikat (AS), pada 4 November 1909. Pemain berdarah Perancis-Kanada ini ayahnya seorang penembak jitu yang cukup terkenal di lingkungannya. Orang tuanya bekerja keras untuk mencari nafkah dan Patenaude asyik berlatih sepak bola.

Patenaude memulai karier profesionalnya bergabung dengan klub Philadelphia Field Club, saat berusia 19 tahun. Ia mencertak enam gol dalam delapan pertandingan yang dimainkannya bersama Philadelphia Field Club.

Namun beberapa bulan kemudian ia pindah ke klub J&P Coats. Permainannya menurun di J&P Coats dan bermain sekali saja, lalu beberapa kemudian memutuskan pindah ke klub Fall River Marksmen di tahun 1928.

Saat FIFA menggelar Piala Dunia 1930, AS diundang untuk mengikuti ajang tersebut. Beberapa media mengatakan bahwa kekuatan AS setara dengan tim Inggris saat itu. Negara-negara kuat di benua Eropa, seperti Inggris dan Jerman tidak hadir di Piala Dunia 1930 dikarenakan berbagai alasan. Seperti pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, perjalanan yang sangat jauh harus menempuh jalur laut, dan sebagainya.

AS berada di Grup 4 bersama Paraguay dan Belgia. Di pertandingan pertama, AS bertemu dengan Belgia dan menang 3-0 lewat gol Bart McGhee 23’, Tom Florie 45’ dan Patenaude pada menit ke-69. Di pertandingan kedua melawan Paraguay, Patenaude menunjukkan keperkasaannya dengan mencetak hat-trick pada menit ke-10, 15, dan 50 untuk membawa AS menang 3-0. AS lolos menjadi juara Grup 4 dan di semifinal bertemu tim kuat Argentina.

Pertandingan di semifinal cukup keras, hingga banyak pemain AS cedera. Di zaman itu, belum ada pergantian pemain dan AS terpaksa bermain 10 pemain, setelah pemain bertahan Ralph Tracey mengalami cedera sangat serius di menit ke-45. Di babak pertama Argentina unggul 1-0 lewat gol Luis Monti dan di babak kedua, Argentina berhasil menghajar Amerika Serikat dengan skor 6-1.

Patenaude tidak berkutik ketika menghadapi Argentina. Namun ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi AS meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 1930.

Patenaude berhasil membawa klub Fall River Marksmen juara Liga AS tiga kali pada tahun 1928-1930. Di tahun 1971, nama Patenaude masuk di daftar National Soccer Hall of Fame di AS. Namun tak lama kemudian Patenaude meninggal dunia pada 4 Nopember 1974. *



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Bagikan



© eyesoccer.id 2016 | Tentang Kami